Tuesday, 24 February 2015

Daftar Tempat Wisata Alam Yang Ada Di Kota Semarang Dan Sekitarnya




Kota Semarang lebih identik dengan wisata sejarah dan budayanya dibandingkan dengan wisata alamnya. Banyak bangunan bersejarah yang ada di kota Semarang, seperti Gedung Lawang Sewu, Pecinan, Kota Lama dan Masjid Agung Jawa Tengah. Namun, ada beberapa wisata alam yang berada di sekitar kota Semarang yang bisa digunakan sebagai tujuan wisata. Berikut daftar wisata alam yang ada di kota Semarang dan sekitarnya:

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan budaya Hindu yang dibangun pada zaman Wangsa Syailendra di abad ke-9. Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804. Candi ini terletak pada ketinggian 1.200, berada di lereng gunung Ungaran. Candi Gedong Songo memiliki 5 kompleks candi. Untuk mengelilingi kelima kompleks candi ini, pengunjung bisa jalan kaki atau menggunakan jasa penyewaan kuda. Di area candi juga terdapat pemandian air panas. Selain itu, terdapat penginapan yang dikelola oleh pihak perhutani. Penginapan disewakan kepada masyarakat umum. Di area candi juga terdapat area camping ground yang sangat luas, aman, dan tentu saja menawarkan pemandangan yang mempesona. Candi Gedong Songo bisaditempuh dengan waktu 1-1,5 jam dari kota Semarang. 

LOKASI: Desa Candi, kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Candi Gedong Songo (source: Google)
2. Umbul Sidomukti

Merupakan wisata alam pegunungan di kabupaten Semarang. Kawasan umbul Sidomukti terdapat beberapa kolam renang yang memiliki air sangat jernih, bersih dan menyegarkan. Selain itu, di kawasan ini juga dilengkapi dengan permainan outbound (Flying Fox, marine bridge, rappling, dan trekking), camping groung, area permainan ATV, Pondok wisata, meeting room, dan penginapan. Di kawasan ini juga disediakan jasa penyewaan kuda untuk mengelilingi kawasan umbul Sidomukti.

LOKASI: Desa Sidomukti, kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Umbul Sidomukti (source: Google)
3. Curug Lawe-Benowo

Merupakan air terjun yang berada di kawasan gunung Ungaran. Air di curug Lawe sangat bersih dan kondisi alam sangat terjaga. Selain curug Lawe, di kawasan ini kita juga bisa menemukan curug Benowo. Untuk mencapai kedua curug ini, diperlukan trekking selama 1 jam dari loket pengunjung. Selama trekking kita akan melewati saluran air dan hutan. Ketika menyusuri saluran air, kita akan menjumpai hewan dragonfly. Tak jarang pula kita akan menemukan kera yang berada di kawasan hutan. Lokasi curug Lawe-Benowo bisa dicapai dalam waktu 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari kota Semarang.

LOKASI: Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Curug lawe dan Curug Benowo (source: Google)
4. Hutan Wisata Penggaron

Hutan wisata Penggaron dikelola oleh Perhutani Unit 1 Jawa Tengah. Hutan wisata Penggaron sering digunakan untuk kegiatan outbound training, trekking, latihan SAR, camping ground, rekreasi, hingga penelitian. Terkadang area ini juga digunakan sebagai tempat foto prewedding. Hutan ini juga pernah digunakan untuk area trail run oleh komunitas lari dari kota Semarang. Hutan wisata Penggaron merupakan tempat yang cukup bagus untuk melakukan pengamatan burung. Hutan wisata Penggaron bisa dicapai dalam waktu 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari kota Semarang.

LOKASI: Desa Susukan, kecamatan Ungaran, kabupaten Ungaran.

Hutan Wisata Penggaron (source: Google)
5. Goa Kreo- Waduk Jatibarang

Merupakan tempat yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat membangun Masjid Agung Demak. Di goa Kreo terdapat ratusan kera liar. Pengunjung bisa memberi makan kepada kera-kera tersebut. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam. Pengunjung juga bisa berfoto di jembatan yang menjadi ikon baru goa Kreo. Di goa Kreo juga terdapat waduk Jatibarang. Waduk ini berfungsi sebagai pengendali banjir di kota Semarang, menjaga ketersediaan air minum, dan sebagai pembangkit listrik.

LOKASI: Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Jembatan Goa Kreo (Source: Google)
6. Desa Wisata Kandri

Desa Kandri merupakan salah satu desa wisata yang ada di kota Semarang. Desa Kandri masih alami dan memiliki pemandangan yang indah. Desa ini memiliki potensi alam dan budaya yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Keunikan yang bisa ditemui ketika kita berkunjung ke desa ini antara lain adalah kerajinan batik, sulam, serta budidaya belut. Seni budaya tradisional merupakan satu atraksi wisata yang diunggulkan selain keindahan pesona alam serta kera ekor panjang. Desa Kandri juga memiliki tempat wisata Goa Kreo dan waduk Jatibarang. Selain itu, kita juga menikmati tubing di kali Kreo.

LOKASI: Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Desa Wisata Kandri (source: Google)
7. Tubing Kali Kreo

Tubing Kali Kreo dilakukan di kali Kreo atas Semarang sepanjang 3 Km. Pengunjung akan menyusuri kali Kreo menggunakan ban bekas. Selama penyusuran, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan serta menikmati sekurangnya 20 jeram yang ada di kali Kreo. Paket tubing ini diberi nama Nginthir Kalijaga. Konon, di tempat ini Sunan Kalijaga membawa kayu yang kemudian dijadikan sebagai sokoguru/ tiang masjid Agung Demak. Wisata tubing kali Kreo bisa menjadi alternatif wisata yang memacu adrenalin.

LOKASI: Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Tubing Kali Kreo (source: google)
8. Basecamp Mawar

Merupakan basecamp pendakian gunung Ungaran. Terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Di basecamp mawar menyediakan area camping ground yang sangat luas. Area camping ground sangat rame ketika weekend. Basecamp Mawar terletak 800 meter dari kawasan Umbul Sidomukti. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai udara pegunungan. Pemandangan sunrise yang ditawarkan juga sangat bagus. Diatas camping ground kita bisa menikmati pemndangan hutan pinus. Setiap akhir pekan, banyak warung yang buka dikawasan ini.

LOKASI: Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Basecamp Mawar (source:google)
9. Desa Promasan

Desa Promasan merupakan desa terakhir yang berada di jalur pendakian gunung Ungaran (2050 mdpl). Desa ini sering menjadi camping ground bagi pendaki yang ingin melakukan summit ke gunung Ungaran. Di desa ini juga terdapat goa Jepang yang memiliki panjang 200m. Selain itu, desa Promasan terdapat kebun the Medini. Air di desa Promasan sangat jernih dan bersih. Banyak pendaki gunung Ungaran yang menyempatkan mampir di desa ini, walau hanya sekedar untuk menyapa warga desa. Desa Promasan bisa di tempuh dengan trekking selama 2 jam dari basecamp Mawar.

LOKASI: Lereng gunung Ungaran.

Desa Promasan (source: Google)
10. Kebun Teh Medini

Kebun teh Medini terletak di sebelah utara lereng gunung Ungaran (2050 mdpl). Kebun teh Medini sudah ada sejak tahun 1901. Saat itu masih jaman penjajahan Belanda. Selain bisa menikmati pemandangan dan kesejukkan udara di kebun teh, kita juga bisa melihat gadis-gadis desa yang sedang memetik daun teh. Akses ke kebun teh Medini berupa jalan berbatu. Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat (kecuali sedan). Di kawasan kebun teh, kita juga bisa melihat proses pembuatan teh. Kebun teh Medini juga sering digunakan sebagai jalur pendakian Gunung Ungaran (2050 mdpl).

LOKASI: Setelah Pemandian Air Panas Nglimut, Gonoharjo, Boja, kab. Kendal

Kebun Teh Medini (source: google)
11. Curug Lawe (Dekat Kebun Teh Medini)

Jalur curug Lawe ini sama dengan jalur yang dilewati ke arah kebun Teh Medini. Terletak 200 meter sebelum pintu masuk Kebun Teh Medini. Sudah ada petunjuk untuk menuju curug. Jalur yang ditempuh sekitar 700 meter dan jalur jelas untuk dilewati. Jalur yang berupa hutan dan sejuknya udara menambah serunya perjalanan.

LOKASI: Setelah Pemandian Air Panas Nglimut, Gonoharjo, Boja, kab. Kendal
Curug Lawe
12. Pemandian Air Panas-Air Terjun Nglimut

Pemandian air panas dan air terjun Nglimut terletak dalam satu kawasan. Selain menawarkan pemandian air panas dan air terjun, lokasi ini juga menawarkan wisata trekking. Dimulai treking dari tempat parkir menuju pemandian air panas, kemudian bisa dilanjutkan trekking ke arah air terjun. Trekking lokasi ini berupa jalan setapak, jalan berbatu dan jalan hutan. Udara sejuk dan phon yang rindang akan menambah serunya perjalanan kita. Selain kedua tempat tersebut, kita juga bisa menikmati hutan pinus yang berada tak jauh dari loket pintu masuk. Hutan pinus tersebut bisa digunakan untuk camping ground. Lokasi ini dikelola oleh Perhutani.

LOKASI: Desa Nglimut, Gonoharjo, Boja, kab. Kendal

Curug Nglimut dan Pemandian Air Panas (source: Google)
13. Pantai Marina

Pantai Marina terletak di belakang Puri Maerokoco. Pantai Marina merupakan pantai utara laut jawa. Di pantai ini, kita tidak akan menemukan pasir seperti pantai-pantai lainnya. Namun ada tempat yang disediakan untuk menikmati pantai dengan jalan kaki. Disini kita juga bisa duduk santai sambil menikmati semilir angin pantai dan tentu saja menikmati senja. Disekitar pantai juga banyak nelayan yang lalu lalang menggunakan perahu melewati pantai marina. Di minggu pagi, ada kapal yang disewakan nelayan untuk berkeliling pantai marina.

LOKASI: Jalan Yos Sudarso, Semarang.
Pantai Marina (source: Google)
14. Air Terjun Semirang

Air terjun Semirang terletak di kabupaten Ungaran. Tepatnya berada di lereng gunung Ungaran. Kawasan air terjun ini dikelola oleh Perhutani. Untuk mencapai air terjun, pengunjung diharuskan trekking sejauh 700 meter. Selama trekking, kita akan dusuguhi pemandangan alam.Selain itu, kita juga bisa mengetahui jenis pohon yang ada di sekitar air terjun. Pihak Perhutani telah menambahkan nama di setiap pohon atau tanaman yang ada di sekitar air terjun. Di sepanjang jalan area trekking, kita bisa menemui lapak pedagang yang menjajakan barang jualan yang berupa makanan dan minuman. Air terjun Semirang memiliki tinggi 45 meter. 

LOKASI: Desa Gogik, kabupaten Ungaran.

Air Terjun Semirang (source: Google)
15. Curug Tujuh Bidadari

Curug Tujuh Bidadari merupakan salah satu curug yang ada di kecamatan Sumowono. Di kecamatan Sumowono banyak sekali terdapat curug. Salah satu yang terkenal adalah curug Tujuh Bidadari. Curug Tujuh Bidadari memiliki 3 tingkatan dan tujuh air terjun dengan ukuran yang berbeda- beda. Curug ini tidak terlalu tinggi, namun memiliki air yang cukup jernih dan menyegarkan. Curug ini memiliki kedalaman yang bervariasi, namun ada air terjun yang bisa digunakan untuk melompat ke bawah. Selain air terjun, kita juga bisa menikmati aliran air yang sangat unik. Aliran yang cukup deras ditambah dengan bebatuan yang diapit oleh persawahan menambah suasana khas dari perdesaan. Tempat wisata ini dikelola oleh warga sekitar. Curug ini juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan, gazebo, warung makan, dan toilet umum. Curug Tujuh Bidadari bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi dari kota Semarang ke arah kecamatan Sumowono.

LOKASI: Desa Keseneng, kecamatan Sumowono, Kabupaten Ungaran.

Curug 7 Bidadari (source: Google)
16. Kebun Binatang Mangkang

Kebun binatang Mangkang merupakan tempat yang digunakan sebgai tempat konservasi, rekreasi, dan pendidikan. Kebun binatang ini memiliki area seluas 9 Hektar. Terdapat satwa yang ditempatkan di kandang, ada juga satwa yang ditempatkan diarea terbuka sesuai habitatnya. Fasilitas yang dimiliki kebun binatang Mangkang berupa naik gajah, kereta mini, becak air, museum peswat, water boom, dan kolam keceh. Selain itu, juga disediakan arena outbound khusus anak-anak. Permainan outbound berupa jaring-jaring laba-laba, dan flying fox. 

LOKASI: Jalan Walisongo KM 16, Semarang. Seberang Terminal Mangkang.

Kebun Binatang Mangkang (source: Google)
17. Hutan Mangrove Morosari

Hutan mangrove Morosari terletak di pantai utara kabupaten Demak. Hutan mangrove ini berguna untuk mengurangi abrasi yang terjadi di kabupaten Demak. Kemudian tempat ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Di hutan mangrove Morosari kita juga bisa melihat bangau yang sedang mencari makan di area ini.

LOKASI: Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Hutan Mangrove Morosari
18. Hutan Mangrove Tapak

Hutan mangrove Tapak berfungsi sebagai pencegah abrasi yang terjadi di pantai utara Semarang. Selain itu, hutan ini juga berfungsi sebagai temapt budidaya ikan dan kepiting. Di hutan mangrove Tapak kita juga bisa menikamti wisata bahari. Yaitu dengan cara menyewa kapal nelayan untuk berkeliling area hutan dan pantai yang berada tak jauh dari area hutan. Kita bisa menyewa perahu nelayan dengan biaya sekitar Rp 100.000/ perahu. Wisata bahari ini relatif baru dan belum banyak yang mencobanya.

LOKASI: Desa Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, kota Semarang.

Hutan Mangrove Tapak
19. Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul

Suasana perdesaan dan udara sejuk siap menyapa pengunjung ketika mereka memasuki desa wisata Kampoeng Djowo Sekatul. Lokasi yang sangat tepat menyebabkan tempat ini selalu ramai dkunjungi oleh pengungjung. Mereka biasanya menikmati udara sejuk suasana perdesaan dan pemandangan alam yang asri dan indah. Desa wisata ini memiliki fasilitas penginapan, arena outbound dan edukasi, taman bermain, camping ground, kebun buah dan tanaman hias, kolam renang dan pondok makan. Tempat ini juga sering digunakan untuk sesi foto prewedding.

LOKASI: Desa Mergosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul (source: Google)
20. Goa Kiskendo

Goa ini terletak 15 km ke arah selatan dari kota Kendal lewat kecamatan Kaliwungu. Goa berada di daerah perbukitan sehingga udara terasa sangat sejuk. Goa Kiskendo juga memiliki stalagmit dan stalagtit. Ketika kita melangkah ledih dalam, pada bagian ujung goa bakal dijumpai aliran sungai yang mengalir menembus perut bumi. Goa Kiskendo sering digunakan sebagai tempat susur goa oleh komunitas caving.

LOKASI: Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

Goa Kiskendo (Source: google)
21. Curug Sewu

Curug Sewu memiliki ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan. Curug Sewu memiliki aliran air yang sangat deras. Curug sewu bisa ditempuh dari kota Semarang kemudian ke arah Boja dan selanjutnya menuju kecamatan Patean. Bisa ditempuh dengan waktu 2 jam perjalanan dari kota Semarang menggunakan kendaraan pribadi. Selain air terjun, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas, seperti kebun binatang mini, taman bermain, menara pandang dan kolam renang.

LOKASI: Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

Curug Sewu (Source: Google)


Izzudin Qossam Web Developer

seseorang yang malas mandi, rambut acak acakan muka tidak kalah acak acakan ;p 

23 comments:

  1. Artikel yang sangat berguna yang dibahas dalam situs ini ... tentu akan sangat membantu bagi pembaca yang membutuhkan referensi. Sewa Bus Pariwisata

    ReplyDelete
  2. cuman pernah ke curug sewu.. hik hik hik
    harga kanopi

    ReplyDelete
  3. thans buat infonya , mau tau rekomendasi tempat wisata di Semarang lainnya , lihat di www.majalahsemarang.com

    ReplyDelete
  4. tempat wisata disemarang ternyata banyak yang menarik dan indah http://www.traveluxion.web.id/2016/03/wisata-seputar-semarang-kota_84.html

    ReplyDelete
  5. Halo kak,
    Postingan nya sangat bagus. Bisa jadi acuan kami nanti pergi Semarang.
    Kami menyukai kegiatan camping dan kebetulan salah satu kota tujuan kami kelak itu Semarang.
    untuk harga atau tiket masuk nya boleh tau juga gak kak ? atau kakak tau link lain...atau kakak kasih tau saya via email saya akan sangat berterimakasih.
    salam kenal.
    kami dari Bandung.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih untuk informasinya gan tetap semangat yahh jual kanopi bogor

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate
    you writing this post and also the rest of the website is also
    really good.
    Thank You

    خريد vpn

    ReplyDelete
  9. Beberapa tempat wisata yang saya sukai seperti.

    - wisata jogja

    - wisata semarang

    - wisata lembang

    - wisata bali

    Menjadi daya tarik sendiri untuk menikmati alam indahnya indonesia.

    ReplyDelete
  10. Maaf Gan Numpang Lapaknya Kini Kami Mau Menawarkan

    Produk Kami Dan Semoga Membantu



    - Jual Obat Kuat Viagra Di Makassar



    - Jual Vimax Di Makassar



    - Jual Klg Di Makassar



    - Jual Hammer Of Thor Di Makassar



    - Jual Perangsang Potenzol Di Makassar



    - Jual Perangsang Blue Wizard Di Makassar



    - Jual Titan Ge Di Makassar



    - Jual Vimax Di Bogor



    - Jual Vimax Di Bali



    - Jual Vimax Di jakarta



    ------------------------------Untuk Pemesanan------------------------------------

    _____________ Hubungi Kami/WA : 082110000279___________

    ReplyDelete