Friday 3 April 2015

SEQUENCE DIAGRAM


Source Photo

    Diagram sequen menggambarkan interaksi objek pada use case dengan mendeksripsikan waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan di terima antar objek. oleh karena itu untuk menggambarkan diagram sequen maka harus diketahui objek-objek yang terlibat dalam sebuah use case beserta metode-metode sekuen juga di butuhkan untuk melihat skenario yang ada pada use case.

  Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya.

  Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class. Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message. Ada enam komponen penting untuk membuat sequence diagram antara lain sebagai berikut :

Simbol
Deskripsi
Actor



Menggambarkan orang yang berinteraksi dengan sistem.

Entity Class





Menggambarkan hubungan kegiatan yang akan dilakukan.

Boundary Class




Menggambarkan sebuah penggambaran dari form.

Control Class



Menggambarkan penghubung antara boundary dengan tabel.

Lifeline 



Menggambarkan tempat mulai dan berakhirnya sebuah pesan.

Line Message






Menggambarkan pengiriman pesan.


    Banyaknya diagram sequen yang harus digambar adalah minimal sebanyak pendefinisian use case yang memiliki proses sendiri atau yang penting semua use case yang telah di definisikan interaksi jalannya pesan sudah cukup pada diagram sequen sehingga yang harus di buat juga semakin banyak.

Berikut adalah simbol-simbol untuk membuat diagram sequence yang ada pada program StarUML :

Simbol
Deskripsi
 Objek

Menyatakan objek yang berinteraksi pesan.
 Garis Hidup (Lifeline)


Menyatakan kehidupan suatu objek.
Waktu aktif 

 menyatakan objek dalam keadaan aktif dan berinteraksi, semua yang terhubung dengan waktu aktif ini adalah sebuah tahapan yang dilakukan di dalamnya aktor tidak memiliki waktu aktif.
 Stimulus

Menyatakan suatu objek mengirimkan pesan untuk menjalankan oprasi yang ada pada objek lain.



Unknown Web Developer

3 comments:

  1. kok di star uml ga ada simbol entity class boundary class, sama control class??

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete